Senin, 28 Desember 2009

reached methood

PENGERTIAN DAN MACAM VARIABEL

A. Pengertian
Di dalam melaksanakan penelitian, variabel tidak kalah penting bagi peneliti untuk dipahami dengan baik. Menurut Sutrisno hadi yang di Sunting oleh Suharsimi dalam bukunya “Prosedur Penelitian {2006}” variabel adalah obyek penelitian yang bervariasi, misalnya jenis kelamin, karena jenis kelamin mempunyai variasi : laki-laki, perempuan; berat badan karena ada 40 kg, dan sebagainya
Sedangkan menurut Mohammad Nazir Ph.D di dalam bukunya menyatakan bahwa variabel adalah konsep yang mempunyai bermacam-macam nilai. Badan, misalnya, adalah konsep dan bukan variabel, karena badan tersebut tidak mempunyai keragaman nilai, sebaliknya berat badan adalah variabel karena badan tersebut mempunyai keragaman nilai, bisa 45 kg atau 100kg .
Sedangkan menurut prof.dr.sugioyono yang terdapat dalam bukunya yang berjudul statistika untuk penelitian mendefinisikan variabel secara teoritis asalah sebuah atribut seseorang atau obyek yang mempunyai “variasi” antara satu oarangh dengan orang yang yang lain atau satu obyek dengan obyek yang lain, tapi menurut Hatch dan farhady, 198, mendifinisikan sebuah variabel merupakan sebuah atribut sari sebuah keilmuan atau kegiatan tertentu, tinggi berat badan, sikap motivasi, kedisiplinan, kerja, merupakan sebuah atribut daei setiap orang, sedangkan, berat, ukuran, warna merupakan atribut-atrbut dari obyek atau bahan baku, pabrik teknologi imi merupakan contoh dari variabel dalam kegitan atau ilmu bisnis, tapi kalau menurut 0Karlingger menyatakan vaeiabel adalah sebuah sifat yang harus bdi pelajari
Tapi menurt kidder (1981)mendefisikan variabel adalah sebuah kualitas (qualities) da mana peneliti meneliti dan menarik kesimpulan darinya.

B. Macam-Macam Variabel
Variabel dapat di bedakan atas kuantitatif dan kualitatif
Variabel kuantitatif dapat di bedakan atas dua kelompok , yaitu variabel discrit dan variabel continuum ( discrete and continuous )
a) Variabel dikrit : disebut juga variabel nominal atau variabel kategori karena hanya dapat di bedakan atas dua kutub yang berlawanan yakni “ya” dan “ tidak” misalnya hadir - tidak hadir , “atas- bawah” . angaka-angka yang di gunakan dalam variabel diskrit untuk menghitung angak- angka banyaknya pria yang hadir dan yang tidak hadir
b) Variabel continuum, dan variabel ini terbagi menjadi tiga variabel kecil
a. Variabel ordinal, yaitu variabel yang menunjukkan tingkatan- tingkatan, misalnya panjang dan kurang panjang, pendek. Untuk kata lain variabel “kurang panjang” karena yang satu lebih panjang dari pada yang lain.
b. variabel interval: yaitu variabel yang mempunyai jarak jika di banding variabel yang lain. Sedang diri sendiri dapat di ketahui dengan pasti. misalnya: suhu udara di luar 310 C. suhu tubuh kita 370 C. Maka selisih 60 C.
c. variabel ratio: yaitu variabel perbandingan. Variabel ini hubungan dalam sesamanya “sekian kali”. Contoh: berat pak rahmat 70 kg, sedang B anaknya 35 maka pak Rahmat dua kali berat anaknya.

Comments :

0 komentar to “reached methood”

Poskan Komentar

 

Copyright © 2009 by achmad muhammad ma'shum muhibbaddin 'ainul yaqin dan allohurbbi