RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 29 Surabaya
Kelas/Semester : VIIA/ 2
Standar Kompetensi : Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dalam monoloq pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dengan mengungkapkan beragam bahasa lisan secara akurat , lancar dan berterima dengan lingkungan terdekat
Indikator :mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendekberbentuk :
-intruksi
-daftar barang
-mengumumkan sesuatu
-ucapan selamat
• Memberi intruksi secara lisan
• Menyebutkan barang tertentu
• Mengumumkan sesuatu
• Mengucapkan selamat
:
Transactional / Interpersonal
Tema : conversation in the telephone
Aspek/Skill : Berbicara
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a. Siswa mampu berinteraksi dengan lingkungannya dengan menggunakan bahasa lisan yang berupa kalimat :
-intruksi
-pengumuman
- ucapan selamat
b. Siswa mampu menyebutkan daftar barang tertentu secara lisan
Materi Pembelajaran
a. Conversation in the telephone :
• Percakapan-percakapan memuat ungkapan-ungkapan berikut:
Secretary: good morning, may I help you?
Mr. Andre: good morning, can I speak with head master of SMP29 surabaya
Secretary: I am sorry he is no in!
Mr. Andre: oh... Can I leave a massage?
Secretary: ok good bye
b. Communication Practice
• Percakapan-percakapan memuat ungkapan-ungkapan berikut:
Secretary: good morning, 29 junior high school, may I help you?
B: hello, may I speak to Mr. Andre
Secretary: I am sorry he is no in. would you like to leave a massage.
Mr. Andre: yes, please this is Mr. Andre
Secretary: is that Mr. Dare, D-A-RE
Mr. Andre: no.., but Mr. Andre, A-N-D-R-E
Secretary: al right !
Mr. Andre: could you tell him the meeting on the Friday 9 o’clock
Secretary: Friday 9 o’clock
Mr. Andre: so would you ask him to phone me this afternoon, my number is 081934624196
Secretary: 081934624196, I’ll the Mr. Andre massage
Mr. Andre: thanks you
Secretary: yes, good meeting with Mr. Andre …..!
Mr. Andre: yes, Thanks you
Secretary : good bye
Mr. Andre : good bye
Questions:
1. Who are speaking informasi the above conversation ?
2. What he says open the conversation ……………….?
3. What does he want ……………………………………?
4. What does secretary tell Mr. Andre when he arrives at the office …?
5. How does close conversation ………………….?
c. Developing Oral Skills
• Wawancara dengan teman mengenai instruction sentence,congratulation and tell something seperti: please tell him my number phone, good meeting Mr. massage, new paper
d. Unit Self-Test
• Rekaman tentang kegiatan siswa sehari-hari
• Rekaman hasil wawancara dengan teman
• Rekaman ejaan beberapa kata dalam bahasa Inggris
2. Metode Pembelajaran: Triple P (, Practice, , Presentation, Product )
3. Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
• Guru memberi stimulus pada siswa dalam mengunakan bahasa inggris
b. Kegiatan Inti
• Tanya jawab guru dan murid secara bergantian
• Guru membri intruksi agar semua siswa memebentuk group yang terdiri dari minimal 2 siswa
• Siswa berbicara bahasa inggris dengan teman sebangkunya at dengan group yang telah di tentukan
• Siswa membuat kalimat intruksi, pengumuman, ucapan selamat
• Siswa memperaktekkan bahasa inggris di depan teman-teman nya.
Kegiatan Penutup
o Guru mengucapkan salam
o Siswa menjawab salam
4. sumber belajar
a. Modul kompetensi siswa
b. Expensive English for junior high school grade VII, PT Angkasa bandung
5. Penilaian
a. Teknik: Merespon pertanyaan secara lisan
b. Bentuk: Pertanyaan lisan
c. Instrumen:
Answer these questions orally.
1. membuat kalimat intruksi, ucapan selamat secara lisan
2. membuat kalimat yang berbentuk ucapan selamat
d. Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 3
2. Jumlah skor maksimal 5 x 3 = 15
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =
e. Rubrik Penilaian
Uraian Skor
-Berani bertaya dan benar dalam melafalkan nya
-Berani bertaya saja tapi kurang tepat
-Hanya berani bertanya walau salah
-Tidak berani bertaya dan hanya diam 3
2
1
0
Surabaya, 02 Februari 2010
SISWA PPL2
MAKSUM
NIM: D35206015
Mengetahui :
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
_________________________ ______________________
NIP. NIP.
SILABUS
Sekolah : SMPN 29 SURABAYA
Kelas : VIIA
Mata Pelajaran :Bahasa Inggris
Semester : 2
Standar Kompetensi : Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dalam monoloq pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi dasar : mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dengan mengungkapkan beragam bahasa lisan secara akurat , lancar dan berterima dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi
Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dengan mengungkapkan beragam bahasa lisan secara akurat , lancar dan berterima dengan lingkungan terdekat.
a. Communication Practice
• Percakapan-percakapan memuat ungkapan-ungkapan berikut:
Secretary: good morning, 29 junior high school, may I help you?
B: hello, may I speak to Mr. Andre
Secretary: I am sorry he is no in. would you like to leave a massage.
Mr. Andre: yes, please this is Mr. Andre
Secretary: is that Mr. Dare, D-A-RE
Mr. Andre: no.., but Mr. Andre, A-N-D-R-E
Secretary: al right !
Mr. Andre: could you tell him the meeting on the Friday 9 o’clock
Secretary: Friday 9 o’clock
Mr. Andre: so would you ask him to phone me this afternoon, my number is 081934624196
Secretary: 081934624196, I’ll the Mr. Andre massage
Mr. Andre: thanks you
Secretary: yes, good meeting with Mr. Andre …..!
Mr. Andre: yes, Thanks you
Secretary : good bye
Mr. Andre : good bye
- Tanya jawab guru dan murid secara bergantian
-Membuat group
- memperaktekkan dengan teman
- siswa memperaktekkan di depan teman-temannya
mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek berbentuk :
-intruksi
-daftar barang
-mengumumkan sesuatu
-ucapan selamat
• Memberi intruksi secara lisan
• Menyebutkan barang tertentu
• Mengumumkan sesuatu
• Mengucapkan selamat • Test lisan
• unjuk kerja
Teknis pertanyaan secara li
pertanya
• Answer the questions orally!
1. membuat kalimat yang berupa kalimat: intruksi, ucapan selamat secara lisan
2x40 menit • modul kompetensi siswa
- expensive english for junior high school
Minggu, 28 Februari 2010
Browse » Home »
Materi Bhs Inggis
» rpp529 n silbusnya
rpp529 n silbusnya
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Comments :
0 komentar to “rpp529 n silbusnya”
Posting Komentar