Sabtu, 13 Maret 2010

prota 29

LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN( PPL)
DI SMP NEGERI 29 SURABAYA



Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata kuliah
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL -2)


















Di susun Oleh :

Farchatul Fuadah
D01206104




Dosen Pembimbing :

Drs. Taufiq Subty





FAKULTAS TARBIYAH
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
SURABAYA
2010

PERSETUJUAN

Laporan pelaksanaan mengajar ini telah di setujui oleh guru pamong dan dosen pembimbing lapangan pada :
Hari :
Tanggal :






Surabaya, Maret 2010


Mengetahui,
Dosen Pembimbing Lapangan Guru Pamong




Drs.Taufiq Subty Titis Nurhayati.S,pd











PENGESAHAN

Loporan pelaksanaan mengajar ini telah disahkan oleh kepala sekolah pada :
Hari :
Tanggal :







Surabaya, Maret 2010
Mengetahui,
Kepala SMPN 29 Surabaya



Drs. R. Hari Purnomo, MM
NIP. 19510911 198103 1 004
















KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq, serta hidayah-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) II sesuai dengan batas waktu yan telah ditentukan.
Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabatnya karena beliaulah sosok guru teladan dari zaman jahiliyah hingga zaman yang syarat dengan ilmu pengetahuan seperti sekarang ini.
Dalam laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) II, penulis sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) II ini, terutama penulis tujukan kepada yang terhormat:
1. Bapak Drs. H. Nur Hamim, M.Ag, selaku Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya beserta staf-stafnya.
2. Bapak Drs.Taufiq Subty, selaku Dosen Pembimbing Lapangan kelompok 07 yang telah membimbing, mengarahkan dan memotivasi serta meyakinkan kami dikala berputus asa.
3. Bapak Drs. R. Hari Purnomo, MM Selaku Kepala Sekolah SMPN 29 Surabaya yang telah memberi izin dan menerima kami untuk belajar berekspresi sebagai calon guru sehingga PPL II dapat berjalan dengan lancar dan baik.
4. Ibu Titis Nurhayati. S,pd selaku Guru Pamong sekaligus guru bidang setudi yang telah mencurahkan tenaga, meluangkan waktu untuk membimbing dan mengarahkan kami serta tidak bosan-bosannya memberikan saran dan motivasi selama PPL II berlangsung.
5. Kedua orang tua yang dari jauh memberikan perhatian dan kasih sayangnya yang merupakan dorongan terdalam untuk terus maju.
6. Seluruh teman-teman PPL II dan semua pihak yang telah membantu pelaksanaan PPL II ini
7. Siswa-siswi SMPN 29 Surabaya yang penuh keceriaan dan semangat.
Meskipun penulis berusaha semaksimal mungkin dalam penyusunan laporan ini, tapi penulis yakin masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun demi kemajuan dan kebaikan pelaksanaan proses pembelajaran tahun yang akan datang. Dan semoga laporan ini bermanfaat bagi penulis secara pribadi, guru bidang studi Pendidikan Agama Islam, sekolah sebagai pihak pelaksana proses pembelajaran serta instansi-instansi terkait.
Akhirul kalam Jazaakumullah ahsanul jaza’





Surabaya, Maret 2010
Penulis



maksum
D35206015









DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
HALAMAN PERSETUJUAN GURU PAMONG & DOSEN PEMBIMBING
HALAMAN PENGESAHAN KEPALA SEKOLAH
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I : PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
2. Pengertian PPL
3. Tujuan PPl
4. Tempat dan Waktu PPL
BAB II : LAPORAN PELAKSANAAN LATIHAN PEMBELAJARAN
1 Perangkat Pembelajaran
2 Proses Pembelajaran
3 Evaluasi Pembelajaran
BAB III : ANALISIS HASIL LATIHAN PEMBELAJARAN
1. Perangkat Pembelajaran.
2. Proses Pembelajaran
BAB IV : PENUTUP
LAMPIRAN










BAB I
PENDAHULUAN

• LATAR BELAKANG
Proses belajar mengajar merupakan proses kegiatan interaksi antara dua unsure manusiawi yakni siswa sebagai pihak yang belajar dan guru sebagai pihak yang mengajar oleh karena itu dalam proses belajar mengajar tak akan lepas dari seorang pendidik atau guru, karena guru merupakan personel yang menduduki posisi strategis dalam rangka pengembangan sumber daya manusia, dan dituntut untuk terus mengikuti perkembangan konsep-konsep baru dalam dunia pengajaran. Karena itu dalam suatu proses belajar mengajar harus dirancang sedemikian rupa agar dapat mencapai tujuan dari pengajaran tersebut yakni kemampuan yang diharapkan dapat dimilki siswa setelah menyelesaikan kegiatan belajar.
Maka dari itu peranan seorang guru sangatlah dibutuhkan, guru harus dapat merencanakan, melaksanakan, mengorganisasikan dan gurun juga mengawasi proses belajar siswa. Oleh karena itu guru harus dapat memilih dan menetapkan strategi atau metode belajar yang cocok dan sesuai serta tepat dengan karakteristik siswa. Selain itu guru juga harus mempunyai keterampilan mengajar dan mengusahakan lingkungan untuk mendukung dalam terwujudnya kegiatan belajar mengajar. Sehingga pembelajaran akan menjadi efektif dan efesien dan tujuan dari pembelajaran dapat dicapai.
Di samping itu Kulaitas dan kuantitas kegiatan belajar mengajar bergantung pada perencanaan program pembelajarannya yakni Rencana Pekan Efektif, Program Tahunan, Program Semester, Silabus dan Rencana Pembelajaran. Jika perencanaannya baik maka hasilnya pun juga baik, begitu juga sebaliknya. Oleh sebab itu, pendidik dituntut untuk dapat mendesain program tersebut, supaya ada korelasi antara Kompetensi Dasar, Indikator, Pengalaman Belajar, Materi, Alat atau Media, Sumber Belajar dan Evaluasi serta kegiatan yang mungkin dapat dilakukan dalam proses pembelajaran.sehingga proses belajar dan hasil belajar menjadi optimal.
Maka dari itu dalam rangka melatih atau membentuk calon-calon pengajar atau pendidik yang sesuai dengan diatas, maka diadakanlah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), bagi Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya.agar mengetahui bagaimana cara menjadi guru yang profesional dan dapat membuat program pembelajaran.
• PENGERTIAN PPL
PPL ( Praktik Pengalaman Lapangan ) adalah suatu rangkaian kegiatan untuk menerapkan berbagai teori kependidikan yang berupa latihan-latihan pembelajaran di sekolah dan tugas-tugas kependidikan lainnya. Yang mana kegiatan PPL terdiri dari dua tahap yaitu :
• PPL 1 merupakan tahap latihan mengajar dalam kelompok kecil dihadapan teman-teman sendiri. Yang dikenal dengan istilah peerteaching atau microteaching dengan bobot 2 sks .
• PPL 2 merupakan tahap latihan mengajar yang dihadapkan pada siswa sesungguhnya, yang dikenal dengan real classroom teaching dan latihan tugas-tugas kependidikan dan pembelajaran lainnya dengan bobot 4 sks.
• TUJUAN PPL
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) tujuannya sebagai berikut:
• Membimbing Mahasiswa sebagai calon guru agar dapat memperoleh pengalaman, pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan profesinya.
• Membimbing Mahasiswa sebagai calon guru, agar memilik seperangkat nilai, sikap dan tingkah laku yang baik yang diperlukan dalam profesinya sebagai guru.
• Membimbing Mahasiswa sebagai guru, agar memiliki kemampun untun menyelenggarakn pendidikan dan pengajaran di laingkungan sekolah.
• Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan berlatih memecahkan problematika pendidikan dalam perspektif pemberdayaan.
• TEMPAT DAN WAKTU PPL
• Tempat
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini, bertempat di SMP Negeri 29 Kota Surabaya yang terletak di Jalan Prof. Dr Moestopo No.4 Surabaya. Depan RS. Spesialis Dr. Husada Utama.
• Waktu
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini, dilaksanakan selama 2 bulan mulai dari tanggal 01 Februari s/d 20 Maret secara magang. Dalam artian calon guru (mahasiswa) dititipkan dan dipercayakan pembinaannya kepada kepala sekolah. Tempat guru PPL dan Guru pamong (pemegang mata pelajaran), sedangkan calon guru (mahasiswa) diberikan peranan oleh guru pamongnya dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan dan pengajaran.














BAB II
LAPORAN PELAKSANAAN LATIHAN PEMBELAJARAN

• Perangkat Pembelajaran
Sebelum memulai kegiatan belajar mengajar, sebaiknya merencanakan terlebih dahulu perangkat pembelajaran. karena menyusun perangkat pembelajaran merupakan kegiatan pembelajaran yang terpenting demi terciptanya proses pembelajaran yang efektif, kondusif dan professional. Dan sukses tidaknya proses pembelajaran tergantung pada perencanaannya. Adapun perangkat pembelajaran antara lain:
• Kalender Pendidikan
Kalender pendidikan adalah suatu alat yang digunakan untuk melihat dan mengetahui berapa jam waktu efektif dan berapa jam waktu tidak efektif dalam kegiatan pembelajaran. Dan fungsi kelender adalah untuk mencapai proses belajar mengajar berjalan dengan efektif dan efesien, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.( Data terlampir )
• Rencana Pekan Efektif ( RPE )
Rencana Pekan Efektif merupakan analisis alokasi waktu yang tersedia untuk bidang studi yang bersangkutan dikalikan dengan jumlah minggu efektif semester yang akan ditempuh. ( Data terlampir )
• Program Tahunan ( PROTA )
Program tahunan adalah merupakan salah satu bagian dari program pengajaran yang memuat alokasi waktu untuk setiap pokok materi atau uraian materi dan kompetensi dasarnya dalam jangka waktu satu tahun pelajaran. Fungsinya adalah sebagai acuan untuk membuat program semester. ( Data Terlampir )

• Program Semester ( PROMES )
Program semester adalah merupakan salah satu bagian dari program pengajaran yang hendak dicapai dalam semester dan merupakan penjabaran dari program tahunan. Fungsinya untuk menyusun pokok bahasan yang hendak di sampaikan, waktu yang direncanakan untuk mencapai efesiensi dan efektivitas waktu belajar yang tersedia. ( Data Terlampir )
• Pengembangan Silabus
Program ini merupakan salah satu bagian dari program pengajaran yang memuat satuan bahasan utnuk disajikan atau disampaikan kepada siswa. Tujuan penyusunan silabus adalah untuk mempermudah, memperlancar serta meningkatkan hasil proses belajar mengajar. ( Data Terlampir )
• Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
Sedangkan rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan persiapan yang dibuat oleh guru untuk tiap-tiap pertemuan yang berfungsi sebagai acuan dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas agar dapat berjalan lebih efektif dan efisien. (Data terlampir)
• Proses Pembelajaran
Proses belajar mengajar merupakan inti dari kegiatan pendidikan di sekolah. Oleh karena itu dalam mengajar hendaknya meliputi hal-hal dibawah ini :
• Pembukaan / Membuka Pelajaran
Pada setiap awal pelajaran guru hendaknya melakukan komponen-komponen dalam membuka pelajaran yang meliputi :
2. Membangkitkan perhatian siswa.
3. Menumbuhkan motivasi siswa
4. Memberi acuan
5. Menunjukkan kaitan

• Menjelaskan Materi Pelajaran
Keterampilan menjelaskan materi pelajaran merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting karena isinya berupa penjelasan dan uraian mengenai bahan materi yang akan dipelajari. Didalam menjelaskan terdapat beberapa komponen antara lain :
A. Orientasi
Memberi arahan kepada siswa atau mengantarkan siswa pada pokok persoalan atau materi yang akan dipelajari
B. Bahasa yang sederhana
Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh siswa
C. Penggunaan contoh
a. Induktif: Memberikan contoh-contoh terlebih dahulu kemudian menarik kesimpulan
b. Deduktif: Mengemukakan materi terlebih dahulu kemudian baru memberikan contoh-contoh
D. Struktur
Menunjukkan langkah-langkah atau jalan pikiran yang jelas seperti penggunaan bagan, skema, gambar atau media yang lain
E. Variasi
Dalam mengajar menggunakan variasi yang berbeda dengan tujuan agar siswa tidak bosan dan jenuh. Seperti menggunakan alat peraga, atau merode yang berbeda seperti diskusi, ceramah, Tanya jawab, permainan dan sebagainya
F. Feed back/balikan
Memberikan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan untuk mengukur kemampuan setiap siswa

• Metode/ Strategi Pembelajaran
Di dalam kegiatan belajar mengajar, metode merupakan hal yang sangat penting bagi seorang guru, karena dengan metode yang bervariasi tidak akan memberi kejenuhan bagi siswanya. Disamping itu dengan metode yang tepat akan menunjang keberhasilan guru dalam mendidik anaknya. Dalam penggunaan ini guru juga harus bisa melihat situasi dan kondisi peserta didik. Metode yang digunakan diantaranya diskusi, ceramah, kuis, Tanya jawab dan sebagainya.
• Variasi
Dalam keterampilan mengadakan variasi ini ada komponen yang harus diperhatikan;
1. Variasi dalam mengajar
Suara guru harus bisa ditangkap oleh semua muridnya.
Memusatkan perhatian siswa
Ekspresi roman muka
Gerak-gerik tangan
Posisi guru dalam mengajar
2. Variasi dalam pola interaksi dan kegiatan siswa
3. Variasi dalam menggunakan media
• Menutup Pelajaran
Guru meninjau kembali pokok bahasan yang telah diterangkan.
Guru memberikan motivasi kepada siswanya
Guru memberikan evaluasi atau penugasan



• Evaluasi Pembelajaran
Evaluasi sangat penting dilakukan guru karena untuk mengukur kemampuan siswanya didalam mengevaluasi setiap bahan pelajaran. Seorang guru harus memperhatikan tiga komponen, yaitu : Bentuk Evaluasi (lembar performent, lembar kerja, materi, permainan, essay.), Jenis Evaluasi ( Lisan atau tulisan ) dan Alat tes.





























BAB III
ANALISIS HASIL LATIHAN PEMBELAJARAN
Perangkat Pembelajaran
Dalam proses belajar mengajar (PBM) yang telah dilakukan selama di SMPN 29 Surabaya, saya mendapat pengetahuan baru, pengalaman serta metode yang lain yang sebelumnya belum pernah kami temukan dan terjun langsung dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.
Pada hakikatnya bila suatu kegiatan direncanakan terlebih dahulu, maka tujuan dari kegiatan tersebut akan lebih terarah dan lebih tepat sasaran. Oleh karena itu guru harus memiliki kemampuan dalam merencanakan pengajaran
Pembuatan analisis pekan efektif dan jam efektif.
Pada tahap ini penulis membuat Rincian Pekan Efektif (RPE) berdasarkan kalender pendidikan dan cara menghitungnya disesuaikan dengan jadwal mengajar. Dalam satu pekan penulis mendapat dua jam pelajaran satu kali pertemuan.
Pembuatan Program Tahunan (PROTA)
Pembuatan program tahunan ini berdasarkan kurikulum yang ada yaitu memakai KTSP, jadi dalam pembuatannya disesuaikan dengan kurikulum tersebut
Pembuatan Program Semester (PROSEM)
Pada tahap ini penulis mengalami sedikit kesulitan yaitu ketika harus membagi antara jam pelajaran dengan waktu yang disediakan serta dengan materi yang ada untuk setiap kali pokok bahasan. Disamping itu dalam pembuatan program semester yang seharusnya selesai pada waktu yang ditentukan akan tetapi terkadang tidak sesuai dikarenakan adanya hari libur atau kegiatan yang menyita waktu untuk proses kegiatan belajar-mengajar.
Pembuatan silabus dan rencana pembelajaran
Pada tahap ini penulis mengalami sedikit kesulitan untuk mensesuaikan antara kompetensi dasar dengan instrumen evaluasi sehingga penulis mengacu pada buku pelajaran yang ada.
Pada tahap pembuatan rencana pembalajaran, penulis bekerjasama (berdiskusi) dengan teman sesama PPL yang mendapatkan tugas mengajar di tingkat/ kelas yang sama. Selain itu penulis juga mengkonsultasikan dengan guru pamong yang disesuaikan dengang kondisi kelas.
Pembuatan kisi-kisi soal
Dalam pembuatan kisi-kisi soal, penulis sulit menentukan soal yang sesuai dengan keadaan siswanya, tingkat kesukaran soal dan ragam soal yang akan diberikan.
Solusinya adalah penulis memilih terlebih dahulu soal yang akan dibuat dengan cara membuat soal dari materi yang diajarkan baik yang ada dalam buku ataupun soal buatan sendiri yang sekiranya siswa mampu mengerjakan
Proses Pembelajaran
Dalam proses pembelajaran saya berpedoman pada kurikulum, kalender pendidikan, rincian pekan efektif, program tahunan, program semester, pengembangan silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah saya sesuaikan dengan KTSP yang ada.
Dalam sistem pembelajaran yang saya gunakan diantaranya adalah penggunaan metode dalam penyampaian materi yang tidak jauh berbeda dengan sistim ceramah, tanya jawab, diskusi, serta pemberian tugas. Pendekatan pada peserta didik yang saya gunakan meliputi pendekatan individual, emosional, rasional dan fungsional. Dari semua pendekatan dan penggunaan metode yang ada telah berhasil menyampaikan materi dengan baik dan tepat waktu dengan hasil evaluasi yang dicapai adalah 80 % siswa mendapat nilai 70 ke atas.
Walaupun dalam ranah kognitif saya berhasil menciptakan itu semua tapi tidak semua ranah dapat terselesaikan dengan baik karena itu semua tidak dapat diukur dengan keterbatasan alokasi waktu yang ada.
Pada akhirnya walaupun kendala yang menurut saya masih kurang tercapai mudah-mudahan pengalaman dapat menjadi motivasi bagi saya untuk bisa lebih baik dikemudian hari dan memberikan sumbangsih bagi dunia pendidikan. Amin.



















BAB IV
PENUTUP
Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT yang senantiasa melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya kepada kita semua sehingga penulisan laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai salah satu persyaratan menyelesaikan Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksaa dan terselesaikan dengan lancar .
Dalam pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMPN 29 Surabaya, saya telah berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik dalam perencanaan maupun pelaksanaan. Namun sebagai manusia biasa yang tidak lepas dari kesalahan dan kekurangan, saya berharap saran dan kritik yang bersifat membangun sebagai bahan evaluasi dan perbaikan di masa yang akan datang.
Akhirnya hanya kepada Allah SWT saya memohon semoga apa yang telah saya lakukan dapat bermanfaat bagi pembaca, khususnya bagi penulis. Terima kasih.









































RINCIAN HARI/MINGGU EFEKTIF
SMP NEGERI 29 SURABAYA
TAHUN PELAJARAN 2009-2010

RENCANA PEKAN EFEKTIF (RPE)
SEMESTER GANJIL

Smt
Hari BULAN
Jumlah
Juli Agust Sept Okt Nov Des Jan

S
A
T
U Senin 2 2 0 4 5 4 3 20
Selasa 3 3 0 4 4 5 3 22
Rabu 3 3 1 4 4 5 3 23
Kamis 3 3 0 5 4 5 2 22
Jum’at 3 2 0 5 3 2 3 18
Sabtu 2 3 0 5 4 4 3 21
Total 16 16 1 27 24 25 17 126


RENCANA PEKAN EFEKTIF (RPE)
SEMESTER GENAP

Smt
Hari BULAN
Jumlah
Jan Feb Maret Apr Mei Juni Juli

D
U
A Senin 0 4 5 4 5 3 0 21
Selasa 0 4 5 4 4 4 0 21
Rabu 0 4 5 2 4 3 0 18
Kamis 0 4 4 5 4 4 0 21
Jum’at 0 3 4 4 4 4 0 19
Sabtu 0 4 4 4 5 3 0 20
Total 0 23 27 23 26 21 0 120








RENCANA PEKAN EFEKTIF

Satuan Pendidikan : SMP 29 Surabaya
Mata Pelajaran : Bahasa inggris
Kelas / Semester : VII / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010
Hari Mengajar : Senin


Smt
Hari BULAN
Jumlah
Juli Agust Sept Okt Nov Des Jan

S
A
T
U Senin 2 2 0 4 5 4 3 20
Selasa 3 3 0 4 4 5 3 22
Rabu 3 3 1 4 4 5 3 23
Kamis 3 3 0 5 4 5 2 22
Jum’at 3 2 0 5 3 2 3 18
Sabtu 2 3 0 5 4 4 3 21
Total 16 16 1 27 24 25 17 126

Hari mengajar ( Senin)

Hari BULAN
Jumlah
Juli Agust Sept Okt Nov Des Jan
Senin 2 2 0 4 5 5 3 20

1. Banyaknya pekan
No Bulan Banyak Pekan Banyak Jam
1 Juli 2 4
2 Agustus 2 4
3 September 0 0
4 Oktober 4 8
5 Nopember 5 10
6 Desember 5 10
7 Januari 3 6
Jumlah 20 40

2. Banyak pekan tidak Efektif
Moos :1x 2 JP
1x 2 JP = 2 JP


3. Banyak jam Efektif
Jumlah Pekan : 20 x 2 = 40
Jumlah Pekan Tidak Efektif : 1 x 2 = 2 -
19 Pekan Efektif = 38 JP

Distribusi Alokasi Waktu
Tatap Muka : 14 x 2 = 28
UTS : 1 x 2 = 2
UAS : 1 x 2 = 2
Cadangan : 1 x 2 = 2
Uji Kompetensi(UHS): 2 x 2 = 4
19 Pekan Efektif = 38 Jam Pelajaran





Surabaya, Maret 2010
Guru Pamong Guru PPL


( Titis Nurhayati. S,pd ) ( Maksum )


Mengetahui,
Kepala SMPN 29 Surabaya


( Drs. R.Hari Purnomo, MM )



RENCANA PEKAN EFEKTIF

Satuan Pendidikan : SMP 29 Surabaya
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII A/ Genap
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010
Hari Mengajar : Senin


Smt
Hari BULAN
Jumlah
Jan Feb Maret Apr Mei Juni Juli

D
U
A Senin 0 4 5 4 5 3 0 21
Selasa 0 4 5 4 4 4 0 21
Rabu 0 4 5 2 4 3 0 18
Kamis 0 4 4 5 4 4 0 21
Jum’at 0 3 4 4 4 4 0 19
Sabtu 0 4 4 4 5 3 0 20
Total 0 23 27 23 26 21 0 120

Hari mengajar ( Senin )

Hari BULAN
Jumlah
Jan Feb Mart Apr Mei Juni Juli
Senin 0 4 5 4 5 3 0 21

1. Banyaknya pekan
No Bulan Banyak Pekan Banyak Jam
1 Januari 0 0
2 Februari 4 8
3 Maret 5 10
4 April 4 8
5 Mei 5 10
6 Juni 3 6
7 Juli 0 0
Jumlah 21 42

2. Banyak pekan tidak Efektif
UN : 1x 2 JP
US : 1x 2 JP +
2x 2 JP = 4 JP


3. Banyak jam Efektif
Jumlah Pekan : 21 x 2 = 42 JP
Jumlah Pekan Tidak Efektif : 2 x 2 = 4 JP -
19 Pekan Efektif = 38 JP

Distribusi Alokasi Waktu
Tatap Muka : 13 x 2 = 26
UTS : 1 x 2 = 2
UAS : 1 x 2 = 2
Uji Kompetensi : 2 x 2 = 4
Cadangan : 2 x 2 = 4
19 Pekan Efektif = 38 JP





Surabaya, 15 Februari 2010
Guru Pamong Guru PPL


( Titis Nurhayati. S,pd ) ( Maksum )


Mengetahui,
Kepala SMPN 29 Surabaya


( Drs. R. Hari Purnomo, MM )










PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : PBI
Satuan Pendidikan : SMPN 29 Surabaya
Kelas : VII A
Tahun Pelajaran : 2009/2010

SMT Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok Alokasi
Waktu Ket





Mendengarkan memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat. 1.1Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang
Contoh:

A : Good morning
How are you ?
B : Fine Thanks.
Nice to meet you

A : Hello, I’ Nina
B : Hi, I’m Reny
Nice to meet you

A:Don’tdo that
B :No. I won’t
A : Stop it
B : Ok
6 jam
2.Berbicara Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan 1,2Melakukan interaksi
dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan
tindak tutur : orang
menyapa yang belum
dikenal, memperkenalkan
diri sendiri / orang lain,
dan memerintah atau
melarang A : Good morning
How Are you?
B : Fine thanks.


A : Hi, I’m Rani
B : Hello, I’m Nina.

A : Go away !
B : Okay.
A : Don’t be Noisy
B : I won’t.
4 jam
Ulangan harian I 2 jam
3.Mendengarkan memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 1.3Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk beriteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan Contoh :

A : Where’s the book?
B : It’s there.

A : Thank you.
B : You’re welcome.


A : I’m sorry.
B : it,s okay.

A : Please..!
B : All right thanks.
4 jam
UTS 2 jam
4.Berbicara Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Melakukan interaksi
dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih meminta maaf dan mengungkapkan kesantunan
Contoh :
A. Where is it ?
B. It’s here.

A. Thanks a lot.
B. You’ re
Welcome.

A. I’ m sorry.
B. It’s Okay.

A. Please,
come in.
B.Thank you. 4 jam
4 jam
Ulangan harian 2 2 jam
Memahami hukum Islam tentang haji dan umrah Menyebutkan pengertian dan ketentuan haji dan umrah.
Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah. Pengertian Haji dan Umrah.
Pelaksanaan haji dan umrah. 4 jam
Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara Menceritakan sejarah masuknya islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.
Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di jawa, sumatera dan sulawesi. Sejarah masuknya Islam di ‎Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan ‎pengajaran
Sejarah beberapa kerajaan Islam ‎di Jawa, Sumatera dan Sulawesi 4 jam
UAS 2 jam
CADANGAN 2 jam
JUMLAH 40 jam

SMT Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok Alokasi
Waktu Ket

















1.Memahami makna dalam taks dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk beriteraksi dengan lingkungan terdekat 1.1Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi jasa, meminta dan memimberi barang, meminta dan memberi fakta
‎ A: this is your book?
B: oh….. Yes! Why…………?.
A: could I borrow your book?
B: I am sorry my friend, I need it !
A: please my friend, just moment?
B: just moment? Al right ?
A: al right !
B: just moment ok !
A : ok, thank you my friends
4 jam
Ulangan Harian I 2 jam
2.memahami tulis fungsional dan esay tulis fungsional pendek sederhana berbentuk descriptive yang berkaitan dengan lingkungan terdekat 1.2Memahami teks tulis fungsional dan esay pendek sederhana berbentuk discriptive yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
My uncle’s house

My uncle’s house is really big and beautiful. My uncle’s is living in bandung city with his family away from my home town. His hose is a traditional one.
It is from wood. It has big bedrooms. one of the bedrooms has every big wooden bed. It is strong bed. There is a kitchen at the back my aunty plants some flowers in the her garden behind the hose. It is wide and beautiful. My uncle paints his living room. The hose has tall fence surrounding. the fence is white. It is made of wood. It is really comfortable. I like my uncle’s hose. 2 jam
3.memahami teks tulis fungsional dan esay pendek sederhana berbentuk descriptive yang berkaitan dengan lingkungan terdekat 1.3. Memahami teks tulis fungsional dan esay pendek sederhana berbentuk discriptive yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Linda’s has a pat is a cat, she call it choky. Chocky is local cat. It is small and cute. chocky has short tail. It .lso has thick brown white. Its fur feels so short. Chocky likes to eat fish . chocky is smart cat
Because chocky can catch the mouse but never eat it, so every body love chocky. 4 jam
UTS 2 jam
4.mengungkapkan makna taks tulis fungsional dan esay pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure dan berinterksi dengan lingkungan terdekat 1.4.Menegungkapkan makna dalam tek tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhaa berbenruk discriptive dan orosedur dan dapat berinterksi dengan lingkungan terkat. -Making instruction sentence
- making announcement sentence
-Making simple sentence use to be(is,am,are)
4 jam
5.mengungkapkan makna taks tulis fungsional dan monoloq pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan dan berinterksi dengan lingkungan terdekat 1.5mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dengan mengungkapkan beragam bahasa lisan secara akurat , lancar dan berterima dengan lingkungan terdekat.
a. Communication
Secretary: good morning, 29 junior high school, may I help you?
B: hello, may I speak to Mr. Andre
Secretary: I am sorry he is no in. would you like to leave a massage.
Mr. Andre: yes, please this is Mr. Andre
Secretary: is that Mr. Dare, D-A-RE
Mr. Andre: no.., but Mr. Andre, A-N-D-R-E
6 jam
Ulangan Harian II 2 jam
6..mengungkapkan makna taks tulis fungsional dan esay pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure dan berinterksi dengan lingkungan terdekat 1.6memahami makna teks fungsional dan esay pendek sangat sederhana berbentuk berbentuk descrivtive dan procedure ang berkaitan dengan lingkungan terdekat.

My older brother , has uncommon hobby, he like to keep snake in a glass box. He likes to do this to get fun and pleasure, he does his hobby in his spare time and he does not do it as a regular activity.
4 jam
UAS 2 jam
Cadangan 4 jam
Jumlah 36 jam
Surabaya, Maret 2010

Guru Pamong Guru PPL




(Titis Nurhayati. S,pd) ( Maksum)


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 29 Surabay


( Drs. R.Hari Purnomo, MM )







DAFTAR NILAI SISWA
SMP NEGERI 29 SURABAYA
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VIIA / Genap
No Nama Aspek Pertemuan Ulangan Harian I Rata-rata Ket
Nilai
I II III IV V VI
1. Ach.misbachul aris Kognitif 90
Psikomotor
Afektif
2. Admiral shihab akbar Kognitif 90
Psikomotor
Afektif
3. Alfi izzur rosyidi Kognitif -
Psikomotor
Afektif
4. Alfin pratama putra Kognitif 90
Psikomotor
Afektif
5. Amirulloh munawar Kognitif -
Psikomotor
Afektif
6. Ananda anggra pratama Kognitif 80
Psikomotor
Afektif
7. Ananda mufidatul I Kognitif 90
Psikomotor
Afektif
8. Anggun lilian adek P Kognitif 90
Psikomotor
Afektif
9. Bagas aldy yulianta Kognitif -70
Psikomotor
Afektif
10. Brahma ariya dwipayana Kognitif 80
Psikomotor
Afektif
11. Dyah chadra kirana Kognitif -90
Psikomotor
Afektif
12. Emir budy satryo Kognitif 90
Psikomotor
Afektif
13. Fakhrul arifin Kognitif 70
Psikomotor
Afektif
14. Gustina I maulidyna Kognitif 80
Psikomotor
Afektif
15. Hertanti citra ulfina Kognitif 90
Psikomotor
Afektif
16. Imam Ramadhan Kognitif 90
Psikomotor
Afektif
17 Irfano hendriyanta Kognitif 80
Psikomotor
Afektif
18 Karina putrid kautsari Kognitif 70
Psikomotor
Afektif
19 Khaidir bagus wara Kognitif 70
Psikomotor
Afektif
20 Lary andis hapsary putrid
Kognitif 90
Psikomotor
Afektif
21 Much.maulana fadlu P Kognitif 70
Psikomotor
Afektif
22 Muchsin ali Kognitif 90
Psikomotor
Afektif
23 Neni karismawati Kognitif 80
Psikomotor
Afektif
24 Nugrah nur alifah Kognitif 90
Psikomotor
Afektif
25 Nur maylla zenita Kognitif 80
Psikomotor
Afektif
26 Prastya dodik sonata Kognitif 70
Psikomotor
Afektif
27 Radias prokoso H.Y Kognitif 70
Psikomotor
Afektif
28 Riki putra andreanto Kognitif 80
Psikomotor
Afektif
29 Ronaldo hasian sitorus Kognitif 70
Psikomotor
Afektif
30 Sedy mahdy satrya Kognitif 60
Psikomotor
Afektif
31 Sri umroh almansahi S. Kognitif 75
Psikomotor
Afektif
32 Tariq hasan fadil Kognitif 70
Psikomotor
Afektif
33 Teza arcadeputra Kognitif 75
Psikomotor
Afektif
34 Zulana sulistyawti Kognitif 90
Psikomotor
Afektif
35 Dwi nova retno utami Kognitif 70
Psikomotor
Afektif
36 Eka prastya ramadani Kognitif 75
Psikomotor
Afektif



Surabaya, 22 Februari 2010
Guru Pamong Guru PPL


(Titis Nurhayati. S,pd) ( maksum)


Mengetahui,
Kepala SMPN 29 Surabaya



( Drs. R. Hari Purnomo, MM )

Comments :

0 komentar to “prota 29”

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2009 by achmad muhammad ma'shum muhibbaddin 'ainul yaqin dan allohurbbi