Selasa, 09 Maret 2010

RPP kls 7 smter gnjil

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP. 1.1)

Nama Sekolah : SMP NEGERI 29 SURABAYA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/Gasal

Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 1.1. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
Indikator :1.1.1. Merespon sapaan orang yang belum/sudah dikenal.
1.1.2. Perkenalan diri sendiri/ orang lain.
1.1.3. Perintah / larangan

Jenis Teks : Teks Fungsional Pendek
Aspek/Skill : Mendengarkan dan Berbicara
Alokasi Waktu : 6 X 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. Merespon sapaan orang belum / sudah dikenal.
2. Merespon perkenalan dari orang lain secara berterima baik formal maupun informal.
3. Merespon perintah atau larangan orang lisan lain secara berterima.
B. Materi Pembelajaran
Hello!
Ungkapan Sapaan
Good morning, afternoon, etc.
How are you?

C. Metode / Teknik : TPR (Listen to do)

D. Langkah – langkah
1. Kegiatan Awal :
- Greeting, Checking for the roll.
- Pre test, review

2. Kegiatan Inti :
a. Guru memberi contoh cara menyapa seseorang.

Teacher : Good morning, class.
Students : Good morning, Sir.
Teacher : How are you?
Students : We are fine, thank you.
Teacher : Now listen and repeat it!
( repeat it twice or three times)


b. Guru meminta siswa untuk menirukan ucapan guru.
- Good morning, good afternoon, dll
- Good morning, Sir / Mam
c. Guru memberi contoh cara memperkenalkan diri dan orang lain.
Tom : Hello, I’m Tom.
What’s your name?
Bob : I’m Bob.
How do you do?
Tom : How do you do

Andi : Hello, Dian. This is Dina.
Dian : How do you do Dina.
Dina : How do you do.

d. Guru meminta siswa untuk duduk dalam kelompok dan meminta siswa untuk menyapa dan memperkenalkan dirinya pada kelompoknya.
A B
D C
(Do this activity for several times)

e. Guru memberi contoh memperkenalkan orang lain
(2 orang siswa memperagakan)

Teacher : Good morning, students.
This is Intan, your new friend.
Intan : Hello friends, nice to meet you.

f. Guru meminta seorang siswa untuk memperkenalkan diri pada kelompoknya.
g. Guru memmerikan perintah/larangan lisan dan siswa meresponnya
Teacher : Andi give your pencil to Dika !
Student : Response, etc

3. Kegiatan Akhir.
Guru menyimpulkan kegiatan hari itu.
Teacher : Okay students before we end our lesson, let me ask you questions. What will you say when you meet someone in the morning.
Students : ……………….
Teacher : What will you say if you want to introduce Ida to Shanti.

E. Sumber Belajar
1. Lingkungan kelas (real objects in the classroom)
2. Buku-buku yang relevan
3. Teacher-made material


F. Penilaian
1. Teknik : tes lisan dan tes tertulis
2. Prosedur : selama proses
3. Bentuk : tes listening
4. Instrument : terlampir



Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran















































CONTOH INSTRUMENT


LISTENING SCRIPT
TEKS UNTUK GURU / SCRIPT

1. A : Hello, Bill, good morning
B : ….

2. A : Hello. My name is Ronaldo.
What’s your name?
B : I’m Jacklin. How do you do.
A : ….

3. A : Hi John. How are you to day?
B : ….

4. Lisa : Hello. I’m Elizabeth. You can call me Lisa.
Dewi : Hi Lisa. Nice to meet you.
Lisa : ….

5. Mr.Hadi : Good morning, students. How are you to day?
Students : ….



INSTRUMENT

Listen to each conversation. Choose the correct answer by crossing a, b, c or d.

1. A. good morning 4. A. I’m fine
B. good afternoon B. How are you
C. good evening C. Nice to meet you
D. good night D. How do you do

2. A. How are you? 5. A. Good morning, Sir.
B. How do you do B. Good morning, Miss.
C. I’m fine C. Good morning, Mam.
D. I’m very well D. Good morning

3. A. I’m fine
B. How are you
C. How do you do
D. Nice to meet you


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP . 1.2)

Nama Sekolah : SMP NEGERI 29 SURABAYA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Smt : VII/Gasal

Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara lancar, akurat dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur; meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan.

Indikator : 1.2.1. Merespon makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan meminta dan memberi informasi.
1.2.2. Merespon makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan ucapan terima kasih
1.2.3. Merespon makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan meminta maaf.
1.2.4. Merespon makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan kesantunan.

Jenis Teks : Teks Fungsional Pendek
Aspek/Skill : Mendengarkan dan Berbicara
Alokasi Waktu : 6 X 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat;
1. Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan meminta dan memberi informasi.
2. Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan ucapan terima kasih.
3. Merespon ungkapan meminta dan memberi informasi.
4. Merespon ungkapan ucapan terima kasih.
5. Menggunakan ungkapan ucapan terima kasih dalam percakapan pendek sederhana.

B. Materi Pembelajaran
o Ungkapan meminta dan memberi informasi
Contoh; A : Where is the book?
B : It’s here.
o Ungkapan terima kasih
Contoh; A : Thank you.
B : You’re welcome.
o Kosa kata
o Preposition : in, on, under, behind, in front of, far from, near, over there, over here
o Nouns : things around the classroom and in the house



C. Metode dan Teknik : TPR and PPP
Total Physical Response (untuk pengenalan kosa kata baru)
Presentation, Practice and Production (untuk pembelajaran ungkapan transaksional interpersonal)

D. Langkah-langkah Pembelajaran

Setiap pertemuan dikemas dalam tiga tahapan
Kegiatan awal;
o Greetings, checking for the roll
o Pre-test, review
Kegiatan inti;
1. Siswa menebak arti kata preposisi (on, under, in front of, near, between, behind, beside) dengan memperhatikan demonstrasi guru.
2. Siswa menemukan makna kosa kata (nouns around the class and the home) dengan cara melaksanakan perintah guru dalam bahasa Inggris dengan bantuan real object/gambar.
3. Contoh; Point the book on the chair!
4. Siswa mendengarkan contoh dialog tentang ungkapan menerima dan memberi infornasi.
5. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang makna dan fungsi ungkapan meminta dan memberi informasi.
6. Siswa mendengarkan contoh dialog tentang ungkapan terima kasih.
7. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang ungkapan terima kasih.
8. Siswa merespon pertanyaan guru tentang ungkapan meminta informasi.
9. Siswa merespon pertanyaan guru tentang ungkapan terima kasih.
10. Siswa menirukan ungkapan meminta dan memberi informasi.
11. Siswa menirukan ungkapan terima kasih.
12. Siswa menginterview temannya dengan menggunakan instrumen tabel tentang informasi yang diminta dengan menggunakan ungakapan meminta dan memberi informasi serta ucapan terima kasih.

Contoh :
Things at home Your friend 1/where? Your friend 2 / where?
TV
Clock
arm chair
Etc. ……………………
……………………
……………………
…………………… ……………………
……………………
……………………
……………………

A : Do you have TV?
B : Yes, I do.
A : Where is it?
B : In the living room.
A : Thank you.
B : You’re welcome.

Kegiatan Akhir
1. Siswa menebak arti kata kerja (borrow, give, come, point, show, take, help) dengan memperhatikan demonstrasi guru.
2. Siswa menemukan makna kosa kata (nouns outside the class and at home) dengan cara melaksanakan perintah guru dalam bahasa inggris dengan bantuan real object/gambar.
Contoh ;
Come here, please! Show methe school yard, please! Point at the refrigeratos!
3. Guru menanyakan kesan siswa untuk memebrikan feed-back berupa kesulitan apa yang dihadapi, kesan terhadap pelajaran yang baru saja dijalani.
4. Memberikan post-test.
5. Memberikan penugasan di rumah untuk mempraktikkan dialog berisi ungkapan meminta dan memberi informasi, serta ungkapan rasa terima kasih.


E. Sumber Belajar
1. Contoh dialog/ungkapan-ungkapan
2. Kaset berisi teks dialog yang terkait
3. Buku teks yang digunakan yang telah disahkan oleh pihak yang berwenang (judul, pengarang, penerbit,tahun, halaman)

F. Penilaian
1. Teknik : Tes lisan
2. Bentuk : Penugasan
3. Instrumen : Terlampir




Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata pelajaran





































INSTRUMENT

LISTENING SCRIPT
TEKS UNTUK GURU / SCRIPT

1. A : Hello, Bill, good morning
B : ….

2. A : Hello. My name is Ronaldo.
What’s your name?
B : I’m Jacklin. How do you do.
A : ….

3. A : Hi John. How are you to day?
B : ….

4. Lisa : Hello. I’m Elizabeth. You can call me Lisa.
Dewi : Hi Lisa. Nice to meet you.
Lisa : ….

5. Mr.Hadi : Good morning, students. How are you to day?
Students : ….



INSTRUMENT

Listen to each conversation. Choose the correct answer by crossing a, b, c or d.

1. A. good morning 4. A. I’m fine
B. good afternoon B. How are you
C. good evening C. Nice to meet you
D. good night D. How do you do

4. A. How are you? 5. A. Good morning,Sir.
B. How do you do B. Good morning, Miss.
C. I’m fine C. Good morning, Mam.
D. I’m very well D. Good morning

5. A. I’m fine
B. How are you
C. How do you do
D. Nice to meet you

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP. 2.1)

Nama Sekolah : SMP NEGERI 29 SURABAYA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/Gasal

Standar Kompetensi : 2. Mendengarkan
Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 2.1.Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana (misalnya; instruksi, daftar barang, ucapan selamat, pengumuman, dll.) secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Indikator : 2.1.1. Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana berupa instruksi dengan cara melakukan perintah yang diberikan guru.
2.1.2. Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana berupa daftar barang dengan cara melakukan perintah yang diberikan oleh guru.
2.1.3. Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana berupa ucapan selamat dengan memebrikan jawaban uang benar, misalnya; Thanks/Thank you.
2.1.4. Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana berupa pengumuman dengan cara memberikan jawaban yang benar, missal; Okay/Sure.

Jenis Teks : Teks Fungsional Pendek
Aspek/Skill : Mendengarkan dan Berbicara
Alokasi Waktu : 6 X 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajarn siswa dapat :

1. Memberikan respon terhadap makna itndak tutur ataupun makna gagasan pemberian perintah/instruksi oleh guru yang diungkapkan secara lisan yang berkenaan dengan kegiatan di dalam kelas.
2. Memberikan respon verbal yang benar terhadap makna tindak tutur ataupun makna gagasan yang tercermin dari teks fungsional pendek tentang daftar barang yang diucapkan oleh guru.
3. Menemukan informasi rinci tersurat dari teks fungsional pendek tentang instruksi lisan yang berkenaan dengan kegiatan di sekolah.
4. Menemukan informasi rinci tersirat dari teks fungsional pendek tentang daftar barang yang berkenaan dengan kegiatan kemah.







B. Materi Pembelajaran


Jenis Teks Ragam tindak tutur Ragam makna Contoh Ungkapan dan Respon

Ungkapan Respon
Fungsional pendek
(short functional text) Memberikan
instruksi Makna tindak tutur Put your bag, please.
Take your shoes off, please.
You are supposed to do the exercise on a piece of paper. Tindakan: Melakukan perintah
Verbal: Okay, sir/ma’am.
Of course!
Makna gagasan Tindakan:
Melakukan perintah dengan meletakkan tas,bukan buku.
Daftar Barang Makna tindak tutur The things to bring for Saturday-Sunday camping are;
- clothes
- food
- kitchen utensils
- etc. Tindakan;
Mencatat yang dibacakan guru.
Verbal: Okay, ma’am/sir.
Sure, of course.
What about eating utensils? Etc.
Makna gagasan Tindakan:
Melakukan perintah dengan meletakkan tas, melepas sepatu.
Verbal: pertanyaan; Where is the locker?


C. Model/Teknik
• Pre – listening
• Whilst – listening
• Post – listening

D. Langkah-langkah Kegiatan
Setiap peremuan dikemas dalam tiga tahapan;

Kegiatan awal;
• Greetings
• checking for the roll
• pre-test, review

Kegiatan inti
1. Guru memberikan kegiatan pre-listening dengan menyajikan kosa kata dan tata bahasa untuk pengantar ke materi.
2. Guru membacakan/memperdengarkan bacaan untuk ditindaklanjuti siswa dengan tugas yang relevan. (whilst-listening)
3. Guru memberikan follow-up dengan memberikan tugas lain, bisa berupa praktik tanya jawab seperti yang telah siswa dengarkan. Bila perlu, siswa juga bisa mencatat daftar barang yang diperdengarkan tadi.



Kegiatan Akhir
1. Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back, berupa kesulitan apa yang dihadapi.
2. Membuat rangkuman.
3. Memberikan post-test, penugasan di rumah dengan mendengarkan teks serupa dari radio atau TV

E. Sumber Belajar
1. Contoh teks berupa tape-script (untuk yg dibacakan guru)
2. Kaset berisi teks terkait.
3. Buku teks yang digunakan.
F. Penilaian
1. Teknik : tes lisan dan tes tertulis
2. Prosedur : selama proses
3. Bentuk : tes listening
4. Instrument : terlampir





Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP. 2.2)



Nama Sekolah : SMP NEGERI 29 SURABAYA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/Gasal

Standar Kompetensi : 2. Mendengarkan
Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 2.2.Merespon makna gagasan yang terdapat dalm teks lisan fungsional sangat pendek sederhana (missal; instruksi, daftar barang, ucapan selamat, pengumuman, dll.) secara akurat, lancar,dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Indikator : 2.2.1. Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana berupa instruksi dengan malakukan perintah yag diberikan oleh guru.
2.2.2. Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana berupa daftar barang dengan cara melakukan perintah yang diberikan olehguru.
2.2.3. Merespn makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana berupa ucapan selamat dengan memberikan jawaban yang benar, misalkan; thanks, thank you.
2.2.4. Merespon dengan benar tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana berupa pengumuman denga cara memberikan jawaban yang benar, misalkan; okay, sure.

Jenis Teks : Teks Fungsional Pendek
Aspek/Skill : Mendengarkan dan Berbicara
Alokasi Waktu : 6 X 40 menit


A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajarn siswa dapat :
1. Memberikan respon terhadap tindak tutur ataupun makna gagasan yang tercermin dari ucapan selamat yang diungkapkan secara lisan ang berkenaandengan kehidupan di sekolah.
2. Memberikan respon verbal yang benar terhadap tindak tutur ataupun makna gagsan yang tercermin dari teks fungsional pendek tentang pengumuman yang diucapkan oleh guru atau rekaman (kaset).
3. Menemukan informasi rinci tersirat dari teks fungsional pendek lisan tentang pengumuman yang berkenaandengan kegiatan di sekolah.





B. Materi Pembelajaran

Jenis Teks Ragam tindak tutur Ragam makna Contoh Ungkapan dan Respon

Ungkapan Respon
Fungsional pendek
(short functional text) Memberikan
Ucapan selamat Makna tindak tutur Congratulation for your birthday!
Congratulation for your success!
Congratulation for getting 8 in English test!
Verbal: Thanks/thank you/etc.
Makna gagasan Verbal:
Thanks. Please come to my house, I have a celebration.
Thanks. But I worked hard for it.
Pengumuman Makna tindak tutur The students who don’t get 6 or more, please follow the remedial teaching in room B after the class today. Tindakan;
Mencatat waktu dan tempat pelaksanakan.
Verbal: Okay, sir/ma’am. Of course.
Makna gagasan Verbal: Bisa bertanya, excuse me, sir. At what time? In which room, ma’am?
Etc.

C. Model/Teknik
• Pre – listening
• Whilst – listening
• Post – listening

D. Langkah-langkah Kegiatan
Setiap peremuan dikemas dalam tiga tahapan;
Kegiatan awal;
• Greetings
• checking for the roll
• pre-test, review

Kegiatan inti
1. Guru memberikan kegiatan pre-listening dengan menyajikan kosa kata dan tata bahasa untuk pengantar ke materi.
2. Guru membacakan/memperdengarkan bacaan untuk ditindaklanjuti siswa dengan tugas yang relevan. (whilst-listening)
3. Guru memberikan follow-up dengan memberikan tugas lain, bisa berupa praktek tanya jawab seperti yang telah siswa dengarkan. Bila perlu, siswa juga bisa mencatat daftar barang yang diperdengarkan tadi.

Kegiatan Akhir
1. Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back, berupa kesulitan apa yang dihadapi.
2. Membuat rangkuman.
3. Memberikan post-test, penugasan di rumah dengan mendengarkan teks serupa dari radio atau TV

E. Sumber Belajar
1. Contoh teks berupa tape-script (untuk yg dibacakan guru)
2. Kaset berisi teks terkait.
3. Buku teks yang digunakan.

F. Penilaian
1. Teknik : Tes lisan dan tes tertulis
2. Prosedur : Selama proses
3. Bentuk : Tes Listening
4. Instrument : terlampir




Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran








































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP. 3.1)

Nama Sekolah : SMP NEGERI 29 SURABAYA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : VII/ Gasal

Standar Kompetensi : 3. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 3.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan
menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat,
lancar, dan berterima untuk melakukan interaksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang
yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri/orang lain, dan
memerintah/ melarang

Indikator : 3.1.1. Menggunakan ungkapan menyapa orang yang belum/ sudah
dikenal
3.1.2. Menggunakan ungkapan memperkenalkan diri sendiri/
oranglain
3.1.3. Menggunakan ungkapan memerintah/ melarang.

Jenis teks : Teks Fungsional Pendek
Aspek/ skill : Mendengarkan dan Berbicara
Alokasi waktu : 6 X 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajarn siswa dapat :
1. Menemukan dan memahami fungsi ungkapan sapaan ( greeting )
2. Mampu menyapa dan merespon sapaan orang lain
3. Memperkenalkan diri sendiri dan orang lain.
4. Menemukan dan memahami bentuk dan fungsi kalimat perintah dan larangan
5. Menggunakan ungkapan tersebut untuk berinteraksi dengan temannya
6. Menyapa dan merespon perintah dan larangan

B. Materi Pembelajaran
Ungkapan sapaan: Good morning, afternoon, evening, night, how are you, by, hello, dsb.
Ungkapan untuk memperkenalkan diri dan orang lain: I’am Adi, This is Ahmad, please meet Joni, dsb.
Respon sapaan: hi, hello, I am fine, how do you do, dsb.

Vocabulary:
Verbs : stand up, sit down, open, take, put, show, dst.
Noun : book, pen, pencil, bag, table, chair, ruller
Form and function: imperative ( command ) , prohibition
Response: yes sir/ mam/ miss, No I won’t, of course I will, Sure I will.

C. Metode/ Teknik Pembelajaran
• PPP ( Presentation, Article, Production )
• TPR ( Total Physical Response )



D. Langkah-langkah Pembelajaran
Setiap pertemuan selalu dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu:

Kegiatan awal:
Greeting and calling on the roll
Apersepsi/ pre-test, review

Kegiatan inti :
Guru memberi contoh cara menyapa orang lain
Teacher : Good morning, class
Students : good morning, sir
Teacher ; How are you?
Students : We are fine, thank you.
Teacher : Now, listen and repeat after me!
( repeat twice or three times )
Guru meminta siswa untuk menirukan ucapan guru.
o Good morning/ afternoon/ evening/ night/ hey
o Good morning sir/ mam/ Miss/ Madam
o Hello, Ari
o Hi, Budi
o Students: ……………
o Teacher : How are you? We are fine,/ I am fine,/ fine,/ very well
o Students : ……………
o ( repeat this activity for several time until the students understand well )

Guru memberi contoh cara memperkenalkan diri sendiri dan orang lain ( dengan menggunakan gesture )
Script:
Teacher : Hello, I am Aldi, I live in Wonogiri, Nice to meet you.
Student : ……………..
( go to the other students )
Guru mengulang kegiatan ini dan meminta siswa untuk menirukan.
Guru meminta siswa untuk duduk dalam kelompok dan meminta siswa secara bergiliran memperkenalkan diri kepada kelompoknya )
( do this activity for several times )


Guru memberi contoh cara memperkenalkan orang lain
( guru dengan 2 siswa memperagakan )
Teacher : OK. Class. Pay attention to me!
Eko, Susi, and Bayu, come here.
Teacher : This is Eko
Teacher : Hi, class. Nice to meet you.
Class : Nice to meet you, too.
Teacher : This is Bayu.
Bayu : Hello, I’m glad to meet you.
Class : Glad to meet you too.


Guru meminta siswa untuk menebak isi tasnya.
Teacher : I have something in this bag. Please guess what are they?
Students : ……………
( if the students answer in Indonesia accept it and say it in English)
Students : (e.g.)Buku, sir, yes.
Teacher : Yes, you are right. It is a book.
Guru menunjukkan lagi benda yang sudah diketahui sambil mengucapkan namanya dalam bahasa Inggris.
Script:
Teacher : Look! This is a pen, a ruler, a pencil, etc.
Students : …………….
Teacher : Good, thank you.
Guru meminta siswa untuk duduk dalam kelompok 4 orang per kelompok dan meminta mereka untuk menyuruh temannya untuk mengambil, menunjuk, atau menunjukkan alat-alat sekolah yang mereka punya.

Teacher : OK. Class, sit in group at 4. then do like what I did just now.
Students : ………………….


Kegiatan Akhir:
A. Guru dan siswa menyimpulkan kegiatan hari itu
Script:
Teacher : OK. Class before we end our lesson, let me ask you some questions.
Students : …………
Teacher : When we meet someone in the morning. What will you say?
Students : ………..
Teacher : Afternoon, evening, well. What will you say if you want to introduce Eko to your father, etc.


Teacher : OK. Students, before we end our meeting today, I’d like to ask you some questions.
Students : …………
Teacher : If someone ask you to do something, What will you say?
Students : …………
Teacher : If someone ask you not to do anything. What will you say?


B. Guru memberi salam

E. Sumber Belajar:
Lingkungan kelas ( real objects around the classroom )
Buku-buku yang relevan
teacher made materials.

F. Penilaian
1. Teknis : Tes lisan
2. Bentuk : Identifikasi
3. Instrumen : terlampir




Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP. 3.2)


Nama Sekolah : SMP NEGERI 29 SURABAYA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Smt : VII/Gasal

Standar Kompetensi : 3. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 3.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara lancar, akurat dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur; meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapakan kesantunan.

Indikator : 3.1.1. Menggunakan makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan meminta dan memberi informasi.
3.1.2. Menggunakan makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan ucapan terima kasih
3.1.3. Menggunakan makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan meminta maaf.
3.1.4. Menggunakan makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan kesantunan.

Jenis Teks : Teks Fungsional Pendek
Aspek/Skill : Mendengarkan dan Berbicara
Alokasi Waktu : 6 X 40 menit



A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajarn siswa dapat :
1. Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan meminta maaf.
2. Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan yang menyatakan kesantunan.
3. Merespon ungkapan meminta maaf.
4. Merespon ungkapan yang menyatakan kesantunan.
5. Menggunakan ungkapan meminta maaf.
6. Menggunakan ungkapan yang menyatakan kesantunan.

B. Materi Pembelajaran
o Ungkapan meminta maaf
Contoh; A : I’m sorry.
B : It’s okay.
o Ungkapan yang menyatakan kesantunan
Contoh; A : Please . . . !
B : All right, thanks.
o Kosa kata
o Verbs : borrow, give, come, point, show, take, help.
o Nouns ; things outside the classroom and at home

C. Metode dan Teknik : TPR and PPP
Total Physical Response (untuk pengenalan kosa kata baru)
Presentation, Practice and Production (untuk pembelajaran ungkapan transaksional interpersonal)

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Setiap pertemuan dikemas dalam tiga tahapan

Kegiatan awal
o Greetings, checking for the roll
o Pre-test, review

Kegiatan inti
1. Siswa menebak arti kata kerja (borrow, give, come, point, show, take, help) dengan memperhatikan demonstrasi guru.
2. Siswa menemukan makna kosa kata (nouns outside the class and at home) dengan cara melaksanakan perintah guru dalam bahasa inggris dengan bantuan real object/gambar.
Contoh;
Come here, please! Show me the school yard, please! Point at the refrigerator!
3. Siswa mendengarkan contoh dialog tentang ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesantunan.
4. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang makna dan fungsi ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesantunan.
5. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesantunan.
6. Siswa merespon pertanyaan guru tentang ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesantunan.
7. Siswa menirukan ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesantunan.
8. Siswa bermain peran untuk melakukan dialog bersasarkan kartu peran.

Contoh;
Student A : Kartu 1 (bunyi: Anda butuh pinjaman uang ke emanmu)
Student B : Kartu 2 (bunyi: anda tidak punya uang)
Contoh dialog;
A : Excuse me.
B : Yes.
A : Can I borrow your money?
B : I’m sorry. I have no money.
A : That’s okay.

Kegiatan Akhir
1. Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back, berupa kesulitan apa yang dihadapi dan kesan terhaap pelajaran yang baru saja dijalani.
2. Memberikan penugasan di rumah untuk mempraktikkan dialog berisi ungkapan meminta dan memberi informasi, serta ungkapan rasa terima kasih.

E. Sumber Belajar
1. Contoh dialog/ungkapan-ungkapan
2. Kaset berisi teks dialog yang terkait
3. Buku teks yang digunakan yang telah disahkan oleh pihak yang berwenang (judul, pengarang, penerbit,tahun, halaman)





F. Penilaian
1. Teknik : Tes lisan
2. Bentuk : Penugasan
3. Instrumen : Terlampir



Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP. 4.1)

Nama Sekolah : SMP NEGERI 29 SURABAYA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : VII/Gasal

Standar Kompetensi : 4. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 4.1 Mengungkakan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancer dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Indikator : 4.1.1 Menggunakan ungkapan memberi instruksi
4.1.2 Menyebutkan daftar benda
4.1.3 Menggunakan ungkapan mengucapkan selamat
4.1.4 Menggunakan ungkapan pengumuman dengan singkat

Jenis teks : Teks fungsional pendek.
Aspek/Skill : Berbicara
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
1. Menggunakan ungkapan memberi instruksi
2. Menyebutkan daftar benda
3. Menggunakan ungkapan mengucapkan selamat
4. Menggunakan ungkapan menumumkan dengan singkat

B. Materi Pembelajaran
Teks fungsional pendek tentang
1. Instruction
Contoh Buy me a kilogram of sugar !
2. Shoopping list
Contoh : carrots 1 kg
spinach 2 bounches
garlic 1 kg

C. Metode / Teknik
1. Total Physical Response (untuk pengenalan kosakata baru)
2. Presentation, Practice and Production (untuk pembelajaran ungkapan transaksional dan interpersonal)

D. Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan Awal
- Greetings, Checking fort the roll.
- Pre- test, review

Kegiatan Inti
- Siswa mendengarkan contoh dialog tentang ungkapan memberi instruksi
- Siswa menirukan guru tentang ungkapan memberi instruksi
- Siswa menyebutkan daftar benda
- Siswa mendengarkan guru tentang ungkapan memberi selamat
- Siswa melakukan dialog tentang ungkapan memberi selamat
- Siswa mendengarkan teks fungsional pendek tentang pengumuman.
- Siswa melakukan monolog tentang pengumuman
Kegiatan Akhir
- Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back, berupa kesulitan apa yang dihadapi, kesan terhadap pelajaran yang baru saja dijalani,
- Membuat rangkuman
- Memberikan post test, penugasan di rumah mendengarkan teks serupa di radio atau televisi.

E. Sumber Belajar
a. Contoh dialog / ungkapan-ungkapan.
b. Kaset berisi teks dialog yang terkait.
c. Buku teks yang digunakan yang telah disahkan oleh pihak yang berwenang (judul, pengarang, penerbit, tahun, halaman).

F. Penilaian
a. Teknik : Tes lisan
b. Bentuk : Penugasan
c. Instrumen : Terlampir




Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP. 4.2)


Nama Sekolah : SMP NEGERI 29 SURABAYA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII / Gasal

Standar Kompetensi : 4. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 4.2. Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancer dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Indikator : 4.2.1 Memberi instruksi secara lisan
4.2.2 Menyebutkan daftar nama-nama barang belanjaan secara berterima
4.2.3 Memberikan ucapan selamat
4.2.4 Mengumumkan sesuatu

Jenis teks : Teks fungsional pendek
Aspek / skill : Berbicara dan Mendengarkan
Alokasi waktu : 6 X 40’


A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajarn siswa dapat :
a. Memberi instruksi kepada orang lain secara lisan
b. Melafalkan barang-barang belanjaan dengan ucapan dan intonasi yang benar.
c. Menyebutkan daftar barang-barang belanjaan berdasarkan peristiwa belanja yang dialami
oleh siswa.
d. Memberikan ucapan selamat kepada orang lain.
e. Mengumumkan sesuatu

B. Materi Pembelajaran
Teks fungsional pendek Shopping list
Kosakata terkait tema / jenis teks.
Misalnya: carrots 1 kg
spinach 2 bounches
garlic 1 kg
Ungkapan :
Mother : Nina, can you buy me a kilogram of sugar?
Nina : Yes, mom.
Mother : Wati, can you buy me 2 kilograms of meat?
Wati : Yes, I can.




Jenis Teks Ragam tindak tutur Ragam makna Contoh Ungkapan dan Respon

Ungkapan Respon
Fungsional pendek
(short functional text) Memberikan
Ucapan selamat Makna tindak tutur Congratulation for your birthday!
Congratulation for your success!
Congratulation for getting 8 in English test!
Verbal: Thanks/thank you/etc.
Makna gagasan Verbal:
Thanks. Please come to my house, I have a celebration.
Thanks. But I worked hard for it.
Pengumuman Makna tindak tutur The students who don’t get 6 or more, please follow the remedial teaching in room B after the class today. Tindakan;
Mencatat waktu dan tempat pelaksanakan.
Verbal: Okay, sir/ma’am. Of course.
Makna gagasan Verbal: Bisa bertanya, excuse me, sir. At what time? In which room, ma’am?
Etc.


C. Metode / teknik : PPP (Presentation, Practice, Production)

D. Langkah-langkah Kegiatan:
Kegiatan awal
- Greetings
- Checking for the roll
- Review, pre - test

Kegiatan Inti
1 Siswa memperhatikan guru yang membawa barang-barang belanjaan untuk disebutkan satu persatu dengan tujuan memberikan contoh pengucapan yang benar.
2 Siswa menirukan ucapan-ucapan guru.
3 Secara berpasangan, siswa saling tanya menjawab tentang barang-barang belanjaan yang dibeli para siswa.
Kegiatan Penutup.
1. Menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa selama proses pembelajaran.
2. Melakukan post-test

E. Sumber Belajar
a. Contoh teks shopping list.
b. Buku teks “Let’s Talk, Joko Siswanto dkk., Pakar Raya, 2005. Halaman 15

F. Penilaian
a. Teknik : Tes Lisan
b. Bentuk : Tanya jawab
c. Instrumen :

Give your answer orally based on the text below.
Carrots 0,5 kg
Spinach 2 bounches
Onions 1 kg
Garlics 1 kg
Tomatoes 0,25 kg
Chillies 0,25 kg
Meat 2 kg
Eggs 1,5 kg

Siswa melakukan tanya jawab tentang barang-barang belanjaan seperti contoh di atas.

Rubrik Penilaian
No. Uraian Skor
1 s.d 8
Setiap jawaban benar, tata bahasa benar, pilihan kata tepat dan lafal benar
Setiap jawaban benar, tata bahasa kurang tepat, pilihan kata tepat dan lafal benar.
Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata kurang tepat dan lafal benar
Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal kurang tepat.
Setiap jawaban kurang tepat, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal salah
Tidak ada jawaban 5
4
3
2
1
0




Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP. 5.1)


Nama Sekolah : SMP NEGERI 29 SURABAYA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : VII / Gasal

Standar Kompetensi : 5. Membaca
Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 5.1 Membaca nyaring ermakna kata, frasa dan kalimat dengan
ucapan,tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan
dengan lingkungan terdekat.

Indikator : 5.1.1 Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar.
5.1.2 Membaca kata, frasa dan kalimat dengan ucapan dan intonasi yang benar.
5.1.3 Membaca nyaring dengan baik dan benar.

Jenis teks : Teks fungsional pendek.
Aspek/Skill : Membaca
Alokasi Waktu : 8 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
1. Mengucapkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar
2. Membaca kata, frasa dan kalimat dengan ucapan dan intonasi yang benar
3. Membaca nyaring baik kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar

B. Materi Pembelajaran
1. Teks fungsional pendek ”Announcement” tentang peringatan di sekolah.
2. Kata / Frasa kata terkait Tema / Teks
Misalnya :
• Celebrate
• Costume
• Competition
• Categories
• Confirm
• A couple of boy and girl
• Categories for judging, etc.
3. Ungkapan
• Kalimat kesantunan :
Please confirm your class teacher!
• Kalimat sederhana :
They have to wear and perform the traditional costumes.

C. Metode / Teknik
Three – Phase Technique
Pre Reading
Whilst Reading
Post Reading



D. Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan Awal
1. Menjawab pertanyaan tentang hari-hari besar agama.
2. Mengucapkan kata, frasa dan kalimat terkait dengan hari-hari besar nasional.
Kegiatan Inti
1. Membaca teks pengumuman
2. Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar.
3. Mengucapkan kata, frasa dan kalimat dengan ucapan dan intonasi yang benar
4. Membaca teks pengumuman dengan baik dan benar serta nyaring.
Kegiatan Akhir
1. Menyanyakan kepada siswa kata, frasa, kalimat yang sulit pengucapannya.
2. Menyimpulkan materi
3. Menugaskan siswa untuk mencari teks pengumuman sejenis dari buku, majalah / koran.

E. Sumber Belajar
• Contoh teks pengumuman
• Buku teks
• Perpustakaan
• Majalah / koran

F. Penilaian
1. Teknik
a) Tes Unjuk Kerja

2. Bentuk
a) Tes Reading Aloud

3. Instrumen : Terlampir





Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP. 5.2)

Nama Sekolah : SMP NEGERI 29 SURABAYA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : VII / Gasal

Standar Kompetensi : 5.2. Membaca
Memahami makna dalam teks fujngsional pendek sangat sederhana
yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 5.2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teiks tulis fungsional pendeksangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.

Indikator : 2.1.1 Menemukan informasi rinci yang terdapat dalam teks.
2.1.2 Mengidentifikasi ciri kebahasaan.

Jenis teks : Teks fungsional pendek.
Aspek/Skill : Membaca
Alokasi Waktu : 8 x 40

A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
1. Menemukan teks fungsional pendek berbentuk instruksi.
2. Memberikan respon yang benar terhadap instruksi yang dibacakan guru.

B. Materi Pembelajaran
1. Bacaan singkat tentang teks fungsional pendek berbentuk instruksi.
DOSAGE
Must be with doctor prescription
Adult : 2-3 times daily
Children : 1 time daily
Take it after meal
Keep in dry and cold place
Keep it away from children
2. Kosa kata yang sukar terkait dengan teks. Misalnya, dosage, prescription, etc.
3. Verbs : take, keep, must be.
4. Noun phrase : cold place, small bottle

C. Metode Pembelajaran / Teknik : Three Phase Technique

D. Langkah-langkah Kegiatan :
Kegiatan Pendahuluan
- Tanya jawab berbagai hal terkait kondisi siswa.
Kegiatan Inti :
a. Membaca teks fungsional pendek berbentuk instruksi
b. Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks
c. Menjawab pertanyaan tentang isi teks fungsional pendek
d. Merespon ungkapan-ungkapan perintah dan larangan
e. Melakukan perintah yang diucapkan guru
Kegiatan Penutup
a. Menyakkan kesulitan siswa selama PBM
b. Menyimpulkan materi pembelajaran
c. Menugaskan siswa untuk menggunakan instruksi-instruksi yang dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya


E. Sumber Belajar
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar-gambar yang relevan

F. Penilaian
1. Teknik : menjawab pertanyaan secara tertulis
2. Bentuk : pertanyaan tertulis
Read the text and answer the questions based on the text.
1. How can we get the medicine?
2. How many times a day should adult take the medicine?
3. Where should the medicine be put?
4. What kind of medicine is it?
5. How many times a day should children take the medicine?
Pedoman Penilaian
1. Tiap nomor benar diberi skor 5
2. Skor maksimal : 5 X 5 = 25
3. Nilai maksimal : 10
4. Nilai siswa : skor perolehan
----------------------- X 10
skor maksimal





Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP. 6.1)



Nama Sekolah : SMP NEGERI 29 SURABAYA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : VII / Gasal

Standar Kompetensi : 6. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat
sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : 6.1 Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendeksangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Indikator : 6.1.1 Melengkapi teks fungsional pendek
5.1.2 Menyusun urutan kata menjadi kalimat yang padu
5.1.3 Membuat teks fungsional pendek sangat sederhana

Jenis teks : Teks fungsional pendek.
Skill : Menulis
Alokasi waktu : 10 X 40

A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. menuliskan frasa dalam kalimat padu
b. menyusun kata dalam bentuk
c. melengkapi teks fungsional pendek dengan struktur teks yang benar.
d. menulis teks fungsional pendek.

B. Materi Pembelajaran

Guru memberi gambar kemudian siswa menulis short paragraph.
a. Guru menyuruh siswa menjodohkan kata-kata dengan artinya.
b. Guru menyuruh siswa melengkapi teks rumpang yang diambil dari kegiatan sebelumnya.
c. Guru menyiapkan beberapa gambar ada di dapur dan menyuruh siswa menulis teks fungsional pendek bagaimana menyiapkan kopi susu.
Contoh: : spoon, sugar, milk, stove, water, coffee, stir, serve, boil.

d. Guru menyuruh siswa menulis teks fungsional pendek tentand undangan
Contoh undangan












C. Metode Pembelajaran : P P P (Presentation Practice, Production)

D. Langkah-langkah kegiatan
a. Kegiatan pendahuluan
- Tanya jawab berbagai hal terkait kondisi siswa.
- siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan instruksi, kartu ucapan, daftar barang dan pengumuman
b. Kegiatan Inti:
1). Membahas kata-kata sulit.
2). Mendengarkan penjelasan guru
3). Melakukan perintah guru.
4). Melaporkan apa yang siswa telah kerjakan.
c. Kegiatan Penutup
1). Menanyakkan kesulitan siswa selama PBM.
2). Menugaskan siswa mencari contoh-contoh teks, pengumuman, kartu ucapan dari koran/majalah dan menempelkannya di Mading.

E. Sumber belajar.
a. Contoh-contoh teks pengumuman
b. Buku dan lks yang relevan
c. Koran / majalah

F. Penilaian
a. Teknik : Teks tulis.
b. Bentuk : Tes uraian
c. Instrumen : Terlampir





Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran























CONTOH INSTRUMENT

Study the following situasions.
1. You want your friend to buy a bar of chocolate and bring it to school. What would
you write?
2. You don`t want your mother to pick you up. You want to go home by bus.
What would you say?
Start with Dear Mommy,

Pedoman Penilaian

Jumlah score x 20 = 100

Rubrik penilaian

Nomor Uraian Skor
1 s/d 2 Setiap jawaban benar, struktur kalimat dan ejaan benar 5
Setiap jawaban benar struktur kalimat kurang tepat, ejaan benar 4
Setiap jawaban benar, struktur kalimat salah ejaan benar 3
Setiap jawaban benar struktur kalimat salah ejaan salah 2
Setiap jawaban salah struktur kalimat dan ejaan salah 1
Tidak ada jawaban 0

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP. 6.2)

Nama Sekolah : SMP NEGERI 29 SURABAYA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : VII / Gasal

Standar Kompetensi : 6. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek
sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat.

Kompetensi Dasar : 6.2 Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendeksangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Indikator : 6.2.1 Membuat teks fungsional pendek
6.2.2.Menggunakan langkah retorika dalam menulis teks
fungsional pendek.
Jenis teks : Teks fungsional pendek.
Skill : Menulis
Alokasi waktu : 10 X 40

A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. menuliskan frasa dalam kalimat padu
b. menyusun kata dalam bentuk
c. melengkapi teks fungsional pendek dengan struktur teks yang benar.
d. menulis teks fungsional pendek.

B. Materi pembelajaran.
Guru memberi gambar kemudian siswa menulis short paragraph.
a. Guru menyuruh siswa menjodohkan kata-kata dengan artinya.
b. Guru menyuruh siswa melengkapi teks rumpang yang diambil dari kegiatan sebelumnya.
c. Guru menyiapkan beberapa gambar ada di dapur dan menyuruh siswa menulis teks fungsional pendek bagaimana menyiapkan kopi susu.

Contoh: : spoon, sugar, milk, stove, water, coffee, stir, serve, boil.

d. Guru memberi sebuah gambar kemudian menyuruh siswa menulis teks fungsional pendek tentang gambar tsb.
e. Guru memberi sebuah konteks tentang perayaan ulang tahun yang akan diadakan seorang anak bernama Dita, Siswa diminta menulis teks fungsional pendek yang berkenaan berbentuk undangan yang berkenaan dengan peristiwa ulang tahun tersebut..
Contoh undangan







f. Guru menyuruh siswa menulis teks fungsional pendek tentang
C. Metode/Teknik : Questioning, inquiri, constructivism (CTL)

D. Langkah-Langkah Kegiatan :
Kegiatan awal :
o Tanya jawab dengan siswa tentang hal-hal yang berhubungan dengan materi:
• Have you asked to do something to your friend?
• Have you gone shopping with a shopping list?
• Have you read an announcement?
• Have you said congratulation to your friend?

Kegiatan Inti:
1. Membahas kosakata yang terkait dengan tema:
a. Instruksi :  say congratulation to your friend.
 make an announcement
 read the announcement
b. Daftar barang:
in the bathroom : dipper, bathroom, bathtube, bucket
c. Ucapan selamat : congratulation, won, succeed
d. Announcement : date, hold, chairman

2. Memberi contoh dan membahas
a. daftar barang :  there is a stove in the kitchen
 there are two fans in the living room
b. ucapan selamat  congratulation on your success
c. announcement:

Contoh teks:


ANNOUNCEMENT
On 5th of Nov, the school will hold
a school party for celebrating annyversary
at: 07.00 p.m.
Free of charge
Will you participate? Please contact:
Ani and Ina
Chairman;
Pak Mulyadi


Kegiatan Akhir:
• menanyakan kesulitan siswa
• menyimpulkan hasil pembelajaran
• menugaskan siswa membuat teks fungsional pendek

E. Sumber Belajar:
• buku yang relevan
• script daftar barang, ucapan selamat, dan pengumuman







F. Penilaian
• Teknik : teks tulis
• Bentuk : karangan teks sederhana
• Instrument : students’ worksheet






Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

Comments :

0 komentar to “RPP kls 7 smter gnjil”

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2009 by achmad muhammad ma'shum muhibbaddin 'ainul yaqin dan allohurbbi