Minggu, 27 Februari 2011

Procedure of education as long as 45 minites

Nama : Bayu Eka Nugraha

NIM : 28 002 163



Procedure Pembelajaran Selama 45 Menit


Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/Semester : X1/I

Pertemuan ke : 1

Alokasi Waktu : 45 menit

Materi Pokok : Percakapan Transaksional

Siklus : Mendengarkan dan berbicara

Standar Kompetensi : Mendengarkan

Mengidentifikasi makna dalam teks percakapan

Transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks

Kehidupan sehari-hari.

Berbicara

Menerapkan makna dalam teks percakapan transaksional

Dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks

Kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar :

Mengidentifikasi makna dalam percakapan transaksional ( to get thing done ) dan interpersonal ( bersosialisasi ) resmi dan berlanjut secara akurat, lancar, dan berterima yang yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan terkejut (surprise), peringatan, memberi/meminta saran, menyatakan permintaan (permission).

Menggunakan makna dalam percakapan transaksional ( to get thing done ) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancer dan berterima, dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan terkejut(surprise), peringatan, memberi/meminta saran, menyatakan permintaan (permission).

Idikator :

1. Mengidentifikasi makna kata
2. Mengidentifikasi hubungan antara pembicara
3. Mengidentifikasi makna tindak tutur perasaan terkejut, peringatan, memberi/meminta saran dan menyatakan permintaan ijin.
4. Menggunakan makna tindak tutur perasaan terkejut, peringatan, memberi/meminta saran, menyatakan permintaan ijin.




I. Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pelajaran siswa dapat :

1. Mengidentifikasi makna kata

2. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara

3. Mengidentifikasi makna tindak tutur perasaan terkejut, peringatan, memberi/

Meminta saran dan menyatakan permintaan ijin.

4. Menggunakan makna tindak tutur perasaan terkejut, peringatan, memberi/

Meminta saran dan menyatakan permintaan ijin.


II. Materi Ajar

Percakapan Transaksional dan Interpersonal

Ungkapan / Gambit tentang:

Perasaan terkejut(surprise), peringatan, memberi/meminta saran, menyatakan permintaan ijin(permission).


III. Metode Pengajaran

a. Diskusi

b. Presentasi


IV. Langkah Pembelajaran

a. Pembukaan : 5 menit

Mengabsen dan memberi salam

Mereview pelajaran sebelumnya

b. Inti

Building of the text (5menit)

Guru menunjukkan gabar hewan dan memberi informasi menarik tertentu.

Modeling of the text (8menit)

Siswa mendengarkan percakapan transaksional tentang ungkapan melalui

CD/Kaset secara klasikal.

Join Construction of the text (9menit)

Mendiskusikan tindak tutur yang digunakan dalam percakapan yang

Didengar secara berpasangan.

Mendiskusikan respon yang diberikan terhadap tindak tutur dan responnya

Independent of the text (9menit)

Secara berpasangan berlatih menggunakan tindak tutur dan responnya

c. Penutup : (9menit)

1. Menyimpulkan materi yang diajar.

2. Memberi tugas untuk dikerjakan dirumah.

V. MEDIA, ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

Media : Picture, tape recorder, laptop

Alat : Percakapan

Sumber dan bahan ajar :

1. Sumber/bahan belajar :

Buku Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XI SMA

CD/Kaset Listening

2. Referensi

Kurikulum Bahasa Inggris 2006.

VI. PENILAIAN

a. Performance

b. Test Tertulis



PROCEDURE PEMBELAJARAN SELAMA 45 MENIT


Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/Semester : XI/I

Pertemuan ke : I

Alokasi Waktu : 45 Menit

Materi Pokok : Teks Spoken Report

Siklus : Mendengarkan dan Berbicara

Standar Kompetensi : Mendengarkan

Mengidentifikasi makna teks fungsional pendek dan

Monolog berbentuk report, narrative dalam konteks

Kehidupan sehari-hari.

Berbicara

Menggunakan makna dalam teks fungsional pendek

Dan monolog yang berbentuk report, narrative dalam

Konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar :

Menafsirkan makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancer, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk :dan narrative.

Menggunakan akna teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancer dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report dan narrative.

Indikator

1. Mengidentifikasi gambaran umum isi teks report yang didengar.

2. Mencirikan urutan generic structure dari teks report yang didengar.

3. Menyimpulkan laporan pengamatan teks report yang didengar.

4. Mengorelasikan hubungan main idea dengan isi teks yang didengar.

5. Menggunakan bahasa lisan dlam mengemukakan cirri umum dan khusus sebuah teks report


I. Materi Ajar

Teks Spoken Narrative


II. Metode Pembelajaran

a. Diskusi

b. Presentasi


III. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Pembukaan : (5menit)

Mengabsen dan memberi salam

Mereview pelajaran sebelumnya

b. Inti

Building knowledge of the field (5 menit)

Guru menunjukkan gambar dan memberi pertayaan


Modeling of the text (8 menit)

Siswa mendengarkan sebuah Report secara klasikal

Join Construction of the text (9 menit)

Mendiskusikan informasi, struktur, dan discourse dari teks Report yang

Didengar

Independent of the text (9menit)

Menyampaikan sebuah report didepan kelas secara individu

c. Penutup : (9menit)

1. Menyimpulkan materi yang diajar

2. Memberi tugas untuk dikerjakan dirumah

Comments :

0 komentar to “Procedure of education as long as 45 minites”

Poskan Komentar

 

Copyright © 2009 by achmad muhammad ma'shum muhibbaddin 'ainul yaqin dan allohurbbi